Pentingnya Pemeriksaan Kadar Kolesterol dan Rasakan Manfaatnya!

Pemeriksaan Kadar Kolesterol
Spread the love

Memantau kesehatan memang menjadi hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Terutama bagi mereka yang telah menginjak usia di atas 30 tahun. Sebab pada usia tersebut fungsi organ seseorang mulai mengalami penurunan kualitas kerja. Untuk menjaga kualitas kerja organ maka dibutuhkan perawatan dan pemantauan. Salah satu pemantauan yang dapat Anda lakukan adalah denganpemeriksaan kadar kolesterol. Banyak manfaat dari pemeriksaan tersebut. (Indonesia Detox)

Pentingnya Pemeriksaan Kadar Kolesterol dan Rasakan Manfaatnya!

Pemeriksaan kadar kolesterol sangat penting dilakukan. Pemeriksaan kolesterol akan maksimal jika 8 atau 10 jam sebelum memeriksakan diri sebaiknya berpuasa. Pemeriksaan dapat dilakuan di rumah sakit atau laboratorium kesehatan, bahkan di apotek juga menyediakan jasa pemeriksaan jumlah kolesterol.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi kadar HDL, LDL, dan trigliserida. Dengan memeriksakan keseimbangan ketiga kadar lipid tersebut maka kita dapat mengontrol kadar sehingga tidak ada salah satu yang lebih atau pun kurang.

Kolesterol dalam tubuh terbagi menjadi dua jenis yakni kolesterol baik dan buruk. Kolesterol buruk terjadi karena adanya trigliserida yang juga meningkat sehingga menyebabkan adanya lemak jenuh dalam tubuh. Dengan demikian seseorang yangn mengontrol kolesterol dalam dapat menghindari penyakit kronis yang berhubungan dengan jantung. Sebab kolesterol buruk yang tertimbun dapat menyebabkan tersumbatnya dinding pembuluh darah.

Faktor Penyebab Kolesterol Meningkat

Kolesterol masing-masing individu tidak sama sebab tergantung pada usia, riwayat kesehatan, serta kebiasaan atau pola hidup yang berbeda. Faktor penyebab terjadinya peningkatan kolesterol pada seseorang dibagi menjadi dua faktor, yakni faktor terkontrol dan tidak terkontrol.

Pada faktor terkontrol, ada asupan makanan dan pola hidup yang menjadi perhatian. Misalnya, obesitas yang dapat diatasi dengan diet sehat, kebiasaan mengonsumsi junk food dapat diatasi dengan mengurangi bahkan menghindari junk food, stres berlebih yang dapat diatasi dengan kegiatan menyenangkan bersama orang terdekat, dan tidak adanya kegiatan fisik aktif yang dapat diatasi dengan membiasakan diri berolahrga secara teratur minimal 15 menit per hari.

Sedangkan faktor tidak terkontrol datang dari faktor keturunan dan usia. Jika generasi sebelum Anda (orang tua) memiliki riwayat kolesterol tinggi maka Anda memiliki peluang 6 kali lebih besar untuk mengalami gangguan kesehatan. Usia lebih dari 20 tahun membuat kolesterol mudah meningkat, pada perempuan lebih cepat meningkat ketika telah mengalami masa menopause sedangkan laki-laki pada usia 50 tahun.

Demikian artikel singkat mengenai pemeriksaan kadar kolesterol. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

error: Content is protected !!